Wednesday, September 19, 2012

Tingkatan Lulus Potty Training

akhirnya! setelah beberapa bulan struggling dengan ketidak-konsistenan, dan setelah konsisten selama beberapa hari, dengan bangga saya mengumumkan bahwa si neng udah lulus potty training, alias udah kagak pake pempes lagi! tapi siang doang. kalo bobo malem, dia masih harus pake clodi. soalnya emak-babenya yang kece ini masih belom kuat nganter dia ke kamar mandi tengah malem.

ternyata, saya menemukan teori bahwa lulus potty training itu ada tingkatannya! ya kaya les bahasa inggris gitu.

1. Basic Satu
pada tahapan ini balita baru aja lulus potty training. pake sempak di rumah aja. dan kalo boci alias bobo ciang, masih harus pake diaper.kecelakaan pun masih kerap terjadi, gak jarang balita masih lupa kalo pipisnya nembus, walhasil dia bakal tereak, kaya si neng "buuunnn, aku pipis nih, bersihkan dong" kagak sopan *kata hati gua* trus kalo mau main keluar, tetep pake diaper.

2. Basic dua
pada tahapan ini, balita mulai main keluar rumah (kaya maen ke rumah tetangga gitu) tanpa diaper. tentunya sempaknya udah dilapis pake celana kece, apa rok kece gitu diluarnya. kecelakaan juga masih terjadi, kalo pipis di rumah temennya, ya itung-itung ngerasain jadi babu dirumah orang lah bersih-bersih dikit, kalo pipis di jalanan, emmm... tadi gak ada yang liat kan? *celingak-celinguk gak kenal*

tidur siang pun mulai dicoba tanpa diaper, tapi pada tahapan ini, sang emak biasanya masih melapisi alas tidurnya pake perlak. takut bocor gituh. pada tahapan ini sang anak juga udah lebih aware dan udah bisa bilang "mau pipis/mau pup"

3. Intermediate Satu
pada tahapan ini anaknya udah jago tanpa diaper di sekeliling rumah, udah bisa nahan pipis atau pup, sampai tibanya di dalam kamar mandi. boci juga tanpa alas perlak lagi. pada tahapan ini orang tua berusaha membawa anaknya ke tempat-tempat yang cukup jauh, namun dekat di hati, eh dekat sama toilet maksudnya. ember ompol pun mulai merasa kesepian akan subsidi celana berompol, ah sudahlah, biasanya yang subsidi-subsidian suka di korupsi sih, eh?

4. Intermediate Dua
pada tahapan ini anak udah bisa bobo di tempat tidur asing (yang punya orang bule kayaknya) eeeh, maksudnya kasur selain dia tanpa diaper. udah bisa seharian di jalanan (tega bener emak-bapaknya ninggalin anak seharian di jalanan?) maksudnya jalan-jalan seharian tanpa diaper. pokoknya, dia hanya pake diaper kalo mau tidur. setelah bangun, sang anak pun akan minta diaper dilepas karena dia sudah merasa tidak nyaman lagi.

5. Advance satu
pada tahapan ini bobo malam udah lepas diaper, walau sang emak masih khawatir dan pakein perlak di kasurnya. kalo tengah malem kagak bagun semuanya, terciptalah sebuah maha karya seni (yes, yang bahan utamanya air seni) yaitu lukisan sebuah pulau di negeri antah berantah yang harus dijemur dibawah teriknya sinar matahari.

6. Advance Dua
pada tahapan ini sempurnalah ia sebagai anak yang lulus potty training. tidak butuh diaper lagi, clodi silahkan disimpan untuk adiknya, atau dijual di flea market. dan gak usah beli diaper lagi.bobo malam gak pernah ngompol lagi. sang emak pun bisa bernafas lega sedikit, dan bersiap untuk mem-potty training adiknya. haha! never ending duty ya moms!

nah, ada diantara kamu yang masih suka ngompol kalo bobok malem?

salam kece!

No comments:

Post a Comment