Friday, November 8, 2013

Surat Terbuka Untuk Nurhayati Johan dan Yuri Chaerunnisa*: Resep Spageti Blonyes-nyes.


(*2 orang kece ini adalah teman sejawat penulis ketika bekerja sebagai Reporter di Dsign79)

  • Conversation started today
  • Farahbun Buns
    Farahbun Buns
    hay hay... akhirnya saya megang laptop juga.. sungguh gundah gulana mengetik melalui handphone android, dimana bahwasanya saya telah terbiasa menggunakan keypad qwerty fisik ala blackberry *lah ini kenapa curhat
    eniwey buswey ini resep sepageti bolonyes nyes, ala farahbun. enak gak enak gak bisa tanggung jawab dan gak boleh protes.
    bahan2:
    1 bungkus pasta spaghetti 1:1 (saya pake lafonte, kalo di amrik gak ada kali) 500gr daging sapi cincang 3 siung bawang bombay sedang (boleh tambah kalo suka) cincang yang kece 5 siung bawang putih (enakan yang kating) cincang halus 5 buah tomat matang (yang merah dan berair) 100gr keju cheddar parut (enaknya merk kraft) minyak untuk menumis (kalo di amrik pake aja olive oil biar gaya dikit) garam seenaknya lada sesukanya gula sedikit (jangan banyak2, emang mau nge-teh) bubuk oregano sesukanya

    persiapan:
    *pasta tomat: rebus tomat sampai kulitnya terkelupas dan blenyek gitu. tiriskan, buang kulitnya. kalo udah dibejek2 sampe halus, kalo rajin cuci piring sih bisa pake blender (kalo di amrik pasti pakenya food processor) tapi berhubung gw males cuci piring ya di bejek2 aja pake garpu sampe halus. sisihkan.
    *pasta: udah pada tahu belon cara rebus pasta yang kata chef Gordon Ramsay (ituloh juri masterchef US, masa gak tahu) pasta yang aldente. nah, caranya saya juga gak tahu. suer. tapi saya rebus pasta sih gini. di air mendidih masukin sedikit minyak sama garam, masukin itu pasta panjang2 biarin aja, lama2 juga turun sendiri. aduk2 sedikit2. kalo keliatannya udah ngembang, ambil sebatang, potes pake kuku, cobain dikit
    saos bolonyes: tumis bawang bombay dan bawang putih di minyak panas sampe harum mewangi semerbak. masukin deh itu daging cincang, aduk2 rata sampe warnanya berubah jadi abu2, kalo warnanya lain mungkin kalian salah masukin sesuatu.
    kalo udah dikira2 dagingnya mateng, masukin itu pasta tomat, tambahin air sedikit, kasih garam, lada, gula sama oregano. aduk terus, masukin lagi oregano bubuk sesukanya, juga keju cheddar parut. sampe dikira konsistensi kekentalan sudah mencukupisasi, daging udah empuk, matiin deh apinya.
    penyajian: penyajian ada 2 cara. 1) di piring taruh pasta yang udah di rebus, tebarkan saos sesuka hati dan kasih topping keju 2) panaskan saos di frying pan (ya elah, penggorengan teflon) masukkan pasta secukupnya, aduk2 rata, kasih topping keju 3) taruh di piring dan kasih taburan bawang goreng (lu kata nasi uduk?!!)
    sebenarnya kalo mau ditambah jamur, paprika, ya boleh2 aja. berhubung kondisi gw kadang memprihatinkan (baca: rumah jauh dari superkampret) untuk membeli bahan tambahan yang kece2, ada daging aja udah sukur, ya udah sih..
    udah yaaa....
    mmuuacchhhhh... miss u all...

No comments:

Post a Comment