Tuesday, September 21, 2010

Si Bunbun Bingung: MPASI 6 bulan

Gak terasa neng Farah udah 5 bulan 1 minggu 5 hari. Berarti beberapa minggu lagi si neng siap dikasih makan. hmm... ini nih yang bikin bingung, boleh gak si neng dikasih jus burger??? trus dikasih mimi stawberry smoothies? hyaaayyaa hahahaha....

sebenarnya saya udah bingung sejak sebulan yang lalu. dan kepada siapa saya bertanya? pertama. saya selalu bertanya kepada MBAH GUGEL! si mbah gugel pun menyarankan beberapa laman dari situs ibu-anak, dan juga dari beberapa forum.

saya juga udah mulai pusing ngitung2 beli "peralatan perang" MPASI. slow cooker? blender? saringan nasi? parutan buah? TT______TT

sebelumnya kakak-kakak saya juga udah mulai ngasih makan bayi-bayi mereka, tapi pake yang bubur instan. tapi berhubung saya di rumah aja, koq kesannya malas banget ya kalo pake bubur instan juga. saya emang sibuk banget loh walau di rumah, kerjaannya makan-tidur-main sama neng-makan-tidur-main-makan-tidur-main... tuh sibuk banget kan? tapi niat kekeuh nih mau ngasih makan bikinan sendiri ke neng Farah.

banyak yang nyangka neng Farah udah dikasih makan karena badannya yang montok dan sekel... tapi ini alasannya saya nunda makan si neng sampe 6 bulan:

"MP-ASI sebaiknya diberikan kepada bayi yang berusia lebih dari 6 bulan, karena menurut penelitian, bayi pada usia ini sudah memiliki system imun yang sudah cukup kuat untuk melindungi bayi dari berbagai macam penyakit dan sistem pencernaan yang relatif lebih sempurna sehingga lebih siap untuk mencerna MPASI, sehingga dapat mengurangi resiko alergi terhadap makanan." (sumber:http://www.menubayisehat.com)

ok kembali ke kebingungan saya. setelah saya menemukan beberapa resep (OK) trus yang saya bingung, ngasih makannya kapan, berapa banyak, apaan aja. sampai akhirnya saya menemukan satu forum yang bikin jelas semuanya. intinya, usia 6 bulan itu cuma pengenalan makan! bukan makan beneran.




HERE'S THE RECAP:
  • Jangan pernah ngasih biskuit bayi atau bubur bayi instan untuk pengenalan makan. kenapa? karena kalo bayi udah kenal rasa manis, nanti dia jadi pilih2 makanan. ribet dah kitanya... (kalo udah gede baru boleh)
  • tidak memberi bumbu sedikitpun (walaupun garam/gula)
  • pengenalan makan tuh cuma sedikit, dengan bubur yang caiiir banget.... (bukan bubur kaya bubur kental)
  • sehari cukup 1x bubur susu selama minggu pertama. dari minggu 1-3 kekentalan dan banyaknya bubur ditingkatkan. minggu seterusnya bisa 1-2 kali sehari plus cemilan berupa jus buah/sayur
HERE'S THE RECIPE:

yang paling baik itu adalah beras merah. kenapa beras merah? karena beras merah mengandung zat besi yang diperlukan untuk pembentukan sel-sel darah merah bayi (begitu kira2 yang dicelotehnya seorang mama dengan gaya ngomongnya sendiri di forum itu). ini nih resep yang simple lanjutan dari si mama itu.



  • 20 gr tepung beras merah (pilih yang organik)
  • 200ml air panas
  • tepung beras

masak hingga mengental (sebentar aja) angkat. tambah 1 sendok bubur beras dan tambah 50 ml ASI/Sufor. suapin dikit-dikit. kalo anaknya nolak, terusin aja dengan sabar tapi gak maksa. namanya juga baru nyoba. (gitu lagi katanya)

ini nyolong lagi dari blog lain:

SAUS APEL/PIR
Bahan:
1 buah apel manis (jangan yang hijau) atau 1 buah pir
Air secukupnya

Cara Memasak:
Kupas apel, buang bijinya lalu potong dadu.
Rebus dengan air (air sampai sedikit menggenangi apel) sampai apel empuk. Tiriskan apel, jangan buang airnya. Haluskan apel, gunakan sisa air rebusan untuk mengencerkan apel.


dah gitu doang.. gak ribet kan??? setelah 7 bulan kurang seminggu, nanti pasti bunbun bingung lagi.... nanti ada terusannya nih posting ^^

moms yang berpengalaman, any other sugestions or idea?

==PERHATIAN: karena bunbun gak punya foto yang sesuai, semua foto yang ada disini hasil colongan dari nanya ke om gugel, yang merasa keberatan. silahkan protes==

6 comments:

  1. MPASI paan sih bo? wakakakak,,Gak pernah denger >.< postingan lo emak2 semua yee.. ntar deh kl gw punya anak.. tinggal gw buka blog lo aje yee hehehehe...

    ReplyDelete
  2. @Echy: MPASi entu Makanan Pendamping ASI (Air Susu Ibu) chy..

    @Rima: pake tepung beras organik gasol ma.. buatnya gmpg bgd.. tinggal campur air.. trus aduk2 deh di kompor dgn api kecil.. kekentalannya diatur aja.. kl br perkenalan lbh baik agak encer.. lama2 br agak kentel deh.. gud lak! ;D

    ReplyDelete
  3. @echy.... banyak2lah baca blog ini, hehehe.. isinya bakal banyak kemumetan gue sebagai emak2... lumayan buat belajar XD

    @ika, hooh ka... rencananya emang mau bikin begitu... di kerpur gasol ada gak ya? yang gue tau cuma di raja buah...

    ReplyDelete
  4. jangan Ma.. mending lo bikin bubur beras merah bikinan ndiri.. lo beli aja beras merah organik di pasar.. kan banyak tuh.. hehehe.. kata emak gw.. sebaik-baiknya bubur instant.. masih lebih baik bubur organik buatan ndiri.. gitu katanya :D

    ReplyDelete
  5. @echy, gue memang mau belinya: tepung beras merah organik yang kemasan, namanya GASOL. bukan bubur beras merah instan :) dan memang si gasol ini harus diolah lagi say. Gasol si kemasan tepung beras merahnya lebih higenis daripada beli beras merah sendiri, sangrai sendiri dan harus giling di pasar. begitu ^^

    ReplyDelete