Wednesday, September 22, 2010

Bunbun Makin Bingung: the Baby Led-Weaning

Pagi ini sambil ditemani camilan manisan pepaya, saya buka-buka satu forum yang saya ikutin. sekalian nimba ilmu tentang MPASI... and i got surprised! bayi umur 6 bulan boleh dikasih buah/sayur utuh-tuh-tuh???? **TOOEENNGGG**

oke, here's the quick recap: jadi, intinya adalah mengenalkan anak sedini mungkin tentang tekstur, rasa asli dari buah atau sayur itu sendiri. so no puree! what??? yah, ini respon pertama saya. setelah baca berhalaman-halaman-halaman thread forum itu yang panjang... dan lelah, saya akhirnya tanya ke mbah gugel dan mbah gugel nyuruh saya ngeliat si neng wiki...

 ini kata neng wiki:

"Baby-led weaning (often also referred to as BLW) is a method of gradually weaning a baby from a milk diet onto solid foods. It allows a baby to control his solid food intake by self-feeding from the very beginning of the weaning process.

Infants are offered a range of foods to provide a balanced diet from around 6 months. They often begin by picking up and licking the food, before progressing to eating. Babies typically begin self feeding around 6 months, although some will reach for food as early as 5 months and some will wait until 7 or 8. The intention of this process is that it is tailored to suit each particular baby and their personal development. The 6 month guideline provided by the World Health Organisation is based on research indicating the internal digestive system matures over the period 4-6 months. It seems reasonable to posit that the gut matures in tandem with the baby's external faculties to self feed." (source: http://en.wikipedia.org)

jadi ya, kasih aja tuh potongan gede apel, wortel, brokoli... tapi ya dikukus dulu... trus kasih aja gitu langsung dipegang dan emut-emut...  wow! kayanya bakal seru nih!

kayanya oke juga nih buat saya yang males masak.. hihihi... tapi takut kekurangan nutrisi gak sih??? belum lagi kendala kalo ketemu sama orangtua yang kolot... untungnya nyokap saya termasuk orang yang openminded dan sangat aptudet dengan kesehatan (soalnya hobi senam, maen bareng perawat dan dokter) tapi yang lainn.. hemmm... mending dikasih bubur kali ye, kalo lagi nginep di rumahnya... daripada denger kicauan yang bikin sakit kuping... hahahha

oke, postingan ini akan berlanjut setelah si neng saya kasih makan. kayanya bakal saya kombinasiin cara makan yang konvensional sama si BLW ini...

hohohoho... BLW, here i come!!!!

No comments:

Post a Comment